top of page

Mengenal Lebih Dalam Zeigarnik Effect



Sahabat Setura sering nggak sih, terbayang-bayang tugas atau pekerjaan yang belum selesai? Mengingat banyak tugas atau pekerjaan yang belum terselesaikan kadang kali dapat membuat mood kita menjadi buruk bukan. Nah, perasaan semacam itu ternyata disebut sebagai zeigarnik effect. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, zeigarnik effect merupakan kecenderungan untuk mengingat berbagai tugas atau pekerjaan yang belum diselesaikan.


Zeigarnik effect ini pertama kali diperkenalkan oleh Bluma Zeigarnik yang merupakan seorang psikolog dari Rusia. Penemuan ini berawal pada tahun 1920-an. Saat itu Zeigarnik tengah makan disebuah restoran, disana ia mengamati bahwa ternyata pelayan dapat mengingat pesanan-pesanan yang belum dibayar. Namun sebaliknya, pelayan ini sulit mengingat kembali detail pesanan yang sudah dibayar oleh pembeli. Karena kejadian tersebut Zeigarnik pun melakukan penelitian lebih lanjut mengenai fenomena ini.


Terus mengingat-ingat pekerjaan yang belum selesai ternyata dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan mental kita, loh. Misalnya nih, Sahabat Setura mendapat tugas dari dosen dan belum menyelesaikannya padahal sebenanrnya deadline pengumpulannya masih lama tetapi kalian mengalami zeigarnik effect sehingga merasa cemas, tertekan, bahkan stres. Hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan mental kita apabila terjadi secara terus menerus karena dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.


Eitss, tapi jangan takut dulu selain bisa berdampak negatif sebenarnya zeigarnik effect ini bisa kok memberikan dampak positif untuk kita. Jadi apa saja sih sebenarnya dampak positif dari zeigarnik effect ini?


  1. Dapat mengatasi prokrastinasi Saat mengalami zeigarnik effect kebiasaan menunda pekerjaan akan berkurang karena kita menyadari adanya pekerjaan yang belum diselesaikan. Nah, Sahabat Setura bisa nih memanfaatkan zeigarnik effect ini misalnya dengan menyelesaikan tugas jauh-jauh hari sebelum deadline sehingga tidak perlu merasa cemas dan khawatir.

  2. Memotivasi kita untuk menyelesaikan tugas tepat waktu dengan membuat to-do-list To-do-list sangat penting agar kita bisa menentukan tugas atau pekerjaan mana saja yang merupakan prioritas. Dengan membuat to-do-list ini, Sahabat Setura dapat terhindar dari zeigarnik effect. Jadi intinya adalah ketika kita membuat to-do-list kita akan fokus pada tugas-tugas tersebut. Jadi, ketika ada tugas belum selesai kita tidak bisa berhenti memikirkannya. Kemudian hal tersebut akan menjadi motivasi kita untuk menyelesaikan tugas tepat waktu.

  3. Meningkatkan produktivitas Zeigarnik effect memang dapat membuat Sahabat Setura merasa cemas apabila memiliki tugas atau pekerjaan yang belum selesai. Namun, sisi positifnya efek ini dapat meningkatkan produktivitas saat kita berhasil melawan rasa malas di dalam diri dan menyelesaikan tugas atau pekerjaan dengan baik dan tepat waktu.

  4. Memberikan kepuasan saat tugas terselesaikan dengan baik Sahabat Setura pasti pernah dong, merasa senang dan bangga pada diri sendiri ketika berhasil menyelesaikan tugas dengan baik dan tepat waktu? Nah, dampak positif yang terakhir dari zeigarnik effect ini adalah dapat menimbulkan rasa puas atas diri sendiri ketika sudah berhasil menyelesaikan tugas atau pekerjaan dengan baik.


Oke, cukup sekian pembahasan kali ini mengenai zeigarnik effect. Jadi gimana nih, apakah selama ini Sahabat Setura sering mengalami zeigarnik effect? Kalau iya, yuk mulai sekarang manfaatkan zeigarnik effect dengan tepat sehingga tidak berdampak negatif bagi kesehatan mental kita.


Referensi:


23 views0 comments

Comments


bottom of page