top of page

Giving Up is Not Losing



“It’s time to go” merupakan bonus track dan track terakhir dari studio album Taylor Swift yang ke sembilan, yaitu evermore (deluxe version) yang dirilis pada tahun 2021. Lagu ini ditulis oleh Taylor Swift dan Aaron Dessner. Taylor sendiri menjelaskan bahwa lagu yang berdurasi 4 menit 14 detik ini menceritakan tentang “Listening to your gut when it tells you to leave”.


“That old familiar body ache, the snaps from the same little breaks in your soul, you know when it’s time to go”


“It’s time to go” mengajak kita untuk mengikuti kata hati kita untuk pergi jika memang situasi tersebut tidak dapat diperbaiki lagi karena memutuskan untuk bertahan tidak akan mengubah apapun. Ketika kita sudah sangat berjuang untuk suatu hal dan hal itu masih tidak baik untuk kita, maka kita mempunyai hak sepenuhnya untuk pergi atau menyerah.


Menyerah dan pergi merupakan dua kata yang seringkali diartikan dalam konotasi yang negatif, seakan-akan menyerah dan pergi adalah dua hal yang sangat tidak boleh dilakukan padahal terkadang dalam situasi tertentu kedua hal tersebut harus dilakukan agar kita dapat berdamai dengan hidup kita.


Setiap orang pasti pernah berada pada situasi ketika kita tahu kita harus pergi, tetapi tidak kita lakukan karena society cenderung menghakimi jika kita memutuskan untuk pergi dan tidak mampu bertahan pada situasi tertentu. “Trying to stay for the kids, when keeping it how it is will only break their hearts worse” Taylor melalui lirik ini menjelaskan bahwa tetap bertahan pada situasi yang sudah tidak bisa diperbaiki malah akan memberikan rasa sakit hati yang lebih parah.


Memutuskan untuk pergi atau tetap bertahan adalah pilihan di hidup kita masing-masing, kita tidak bisa memutuskannya tanpa pemikiran yang matang. Oleh karena itu, keduanya harus diputuskan dengan pemikiran yang matang dan hati yang kuat karena baik menyerah ataupun bertahan dibutuhkan keberanian yang besar dalam melakukannya.


Namun, ketika kita sudah memutuskan untuk pergi, maka perlu diketahui bahwa itu bukanlah suatu tanda kekalahan dalam hidup. Karena, terkadang pergi juga adalah hal terkuat yang dapat kita lakukan agar kita dapat berdamai dengan hidup dan membuka banyak jalan yang baru. Do what is the best for you and hope it’ll give you peace.




“Sometimes giving up is the strong thing, sometimes to run is the brave thing, sometimes walking out is the one thing that will find you the right thing” – Taylor Swift, It’s time to go, 2021


11 views0 comments

Comments


bottom of page