top of page

Cintai Aktivitasnya, Bukan Bidangnya: Sebuah Tips Mendapat Pekerjaan Impian dari Buku You Do You



Sahabat Setura setuju gak sih, memasuki fase dewasa, kegelisahan demi kegelisahan tentang masa depan semakin sering menghampiri?


Apa ya yang harus dilakukan di umur 20-an ini? Apa yang harus dipersiapkan? Apa sih passion aku? Kok hidupku gini-gini aja?


Jika benar pemikiran-pemikiran tersebut yang sering menghantui Sahabat Setura, mungkin buku You Do You: Discovering Life Through Experiments & Self Awareness ini bisa membantu. Berfokus pada pengembangan karier, Fellexandro Ruby membagikan pengalamannya yang dilengkapi data berbasis ilmiah.


Pengusaha dengan sapaan kak Ruby itu, tentu tak serta-merta menjawab semua kegelisahan yang ada lewat You Do You. Melainkan membantu merefleksikan diri untuk menemukan jawaban yang pada dasarnya sudah tersimpan dalam setiap individu. Sebagaimana yang kak Ruby muat dalam bukunya, "Semakin lo paham diri, semakin mudah lo menjawabnya."


Dipublikasikan pada tahun 2020, dengan ketebalan 252 halaman, dan tema pengembangan diri yang sangat relatable, serta didukung dengan gaya bahasa yang santai, tak heran buku You Do You menduduki puncak best seller di Indonesia. Salah satu topik yang selalu menjadi persoalan di tengah-tengah generasi muda yang dibahas dalam buku ini ialah bekerja sesuai dengan bidang yang disukai.


Seperti yang kita ketahui, tak semua orang beruntung bisa bekerja sesuai dengan bidang yang ia sukai. Banyak sekali kita temukan orang-orang yang putus asa bahkan berujung depresi karena tak berhasil mendapatkan pekerjaan impiannya. Padahal, menurut Kak Ruby, kita tetap bisa bekerja sesuai dengan apa yang kita sukai. Yaitu dengan mencintai aktivitas yang ada di dalamnya, bukan bidangnya.


Misal kamu ingin menjadi penulis novel. Itu dinamakan bidang. Sering kali kamu hanya terfokus 'bidangnya', tanpa mengulik lebih dalam apa saja 'aktivitas' di dalamnya yang kamu sukai atau yang bisa dikembangkan. Padahal menulis novel bukan sekadar mengarang cerita. Namun, dibutuhkan juga riset yang mendalam, memikirkan konsep, promosi tulisan, mengedit, dan lain-lain.


Kamu suka melakukan riset untuk ceritamu? Selain penulis novel, kamu bisa menjadi penulis artikel yang membutuhkan keahlian meriset juga.


Kamu suka mengedit tulisan? Mungkin proofreader dan editor akan cocok untukmu.


Atau kamu suka hal yang berbau promosi dan periklanan? Pekerjaan copy writer sedang dibutuhkan sekali sekarang!


Contoh yang lain. Kamu ingin bekerja di bidang fashion dan suka melihat jenis-jenis pakaian yang sedang trend? Kamu bisa menjadi market researcher.


Atau kamu suka mix and match outfit sekaligus mengedit video, kenapa tidak mencoba jadi content creator?


See? Sebenarnya ada banyak sekali jalan untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu suka apabila kamu tak hanya terpaku pada bidangnya. Because at the end of the day, secinta-cintanya kamu sama suatu bidang, tetap saja yang kamu lakukan sehari-hari adalah aktivitasnya. Begitulah kiranya kesimpulan yang Kak Ruby bagikan pada topik ini.


Maka coba diulik lagi, sebenarnya apa sih yang membuat kamu mencintai pekerjaan itu? Bagian mana dan aktivitas yang seperti apa yang membuat kamu rela melakukannya dalam jangka waktu panjang?


Dengan demikian, kamu bisa bekerja tanpa harus menyerah pada apa yang kamu cintai.


Kalau Sahabat Setura ingin mendapatkan insight tentang dunia karier dan self improvement yang lebih banyak dari Kak Ruby, segera dapatkan You Do You dari toko buku terdekat ya.

Comments


bottom of page