top of page

Belajar Membentuk Kebiasaan Baik Lewat Buku Atomic Habits


Buku terjemahan berjudul Atomic Habits: Perubahan Kecil yang Memberikan Hasil Luar Biasa karya James Clear ini membantu kita untuk belajar membentuk kebiasaan baru dan menghilangkan kebiasaan buruk. Dalam buku ini, James Clear menuliskan 4 langkah sederhana yang bisa kita terapkan dalam keseharian.


Sering kali kita menganggap bahwa kesuksesan yang besar diikuti oleh aksi yang besar pula. Kita membebani diri kita untuk terus melakukan perubahan besar yang bisa dilihat. Padahal, kebiasaan kecil yang terkadang tidak terlihat dapat jauh lebih bermakna, terutama dalam jangka waktu panjang. Perubahan yang berasal dari perubahan kebiasaan kecil dalam waktu yang lama bisa menjadi sesuatu yang dahsyat. Sebagai gambaran, jika kita melakukan perubahan 1% setiap hari selama setahun, maka di kita akan menjadi 37 kali lebih baik di akhir tahun.


Fokus Pada Sistem, Bukan Tujuanmu

Tentu penting untuk memiliki tujuan dalam hidup kita. Namun, bukan berarti kita hanya perlu fokus pada tujuan kita. Kita juga harus menyediakan waktu untuk merancang sistem yang kita gunakan untuk mendapatkan tujuan tersebut. Untuk mencapai tujuan, kita harus memperhatikan apakah sistem yang kita gunakan sudah sesuai atau belum.


Ketika kita merasa susah untuk mengubah kebiasaan buruk, kesalahan bukan ada pada diri kita, tetapi mungkin ada pada cara yang kita gunakan. Kebiasaan kita dibentuk oleh sistem-sistem dalam hidup kita.

Cara Mudah untuk Membentuk Kebiasaan baik

Proses mengubah dan membangun kebiasaan dimulai dengan menyadari kebiasaan yang kita lakukan sebelum mengubahnya. Untuk membangun kebiasaan, terdapat empat langkah sederhana yang bisa dilakukan, yaitu menjadikannya terlihat, menjadikannya menarik, menjadikannya mudah, dan menjadikannya memuaskan. Empat langkah ini membentuk pola yang menjadi pondasi utama pada setiap kebiasaan.

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk membangun suatu kebiasaan adalah dengan membuat petunjuk agar hal tersebut terlihat di sekitar kita. Sebagai contoh, jika kita ingin minum air putih lebih banyak, coba sediakan beberapa botol air dan taruh di beberapa tempat di dekat kita. Dengan begitu, kita akan secara tidak sadar terbiasa untuk minum air putih.


Langkah kedua yaitu untuk menjadikannya menarik. Memulai suatu kebiasaan baru bisa menjadi hal yang sulit karena kita belum terbiasa melakukannya, Namun, ada cara yang bisa kita lakukan yaitu untuk menciptakan ritual motivasi. Hal ini bisa diterapkan dengan melakukan kegiatan yang kita nikmati sebelum melakukan kebiasaan yang sulit. Sebagai contoh, ketika kita ingin bermain media sosial namun kita juga harus belajar dan mengerjakan tugas. Maka, hanya setelah belajar dan mengerjakan tugas selama beberapa lama, kita boleh membuka ponsel dan bermain media sosial.


Selain itu, cara sederhana yang bisa kita lakukan ketika akan memulai kebiasaan baru adalah dengan menjadikannya mudah. Hal ini bisa dilakukan dengan menyiapkan suasana di sekitar kita sebaik mungkin. Contohnya, ketika kita ingin menggambar lebih banyak, coba taruh pensil, buku, dan alat gambar lainnya di meja kerja agar lebih mudah untuk kita jangkau. Tindakan kecil ini bisa secara gak sadar mempengaruhi kita untuk perlahan mulai menggambar.


Langkah terakhir adalah menjadikannya memuaskan. Ketika kita berhasil melakukan perubahan kecil, kita berhak untuk memberikan ganjaran. Ganjaran membuat kita tetap bersemangat ketika melakukan suatu kebiasaan. Dengan itu, kita akan mengulang lagi kebiasaan itu. Sementara itu, untuk mempertahankan suatu kebiasaan, kita perlu memantau kebiasaan yang kita lakukan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memantau kebiasaan yaitu dengan menggunakan kalender pencatat.


Keempat langkah diatas merupakan cara sederhana yang bisa dilakukan untuk memulai suatu kebiasaan baik. Keempat langkah ini diharapkan bisa membantu kita untuk bisa berlatih mengubah dan membentuk kebiasaan baik dan menghilangkan kebiasaan buruk.


“Suatu perubahan menjadi mudah ketika perubahan itu dapat dinikmati.”


23 views0 comments

Comments


bottom of page